Loading...

Arti Kata "inflasi" Menurut Kamus Ekonomi

Halaman ini menjelaskan Arti Kata inflasi menurut Kamus Ekonomi. Selain Arti, mungkin juga disertakan contoh kalimat yang memakai kata inflasi.

definisi inflasi

inflasi: keadaan perekonomian yang ditandai oleh kenaikan harga secara cepat sehingga berdampak pada menurunnya daya beli; sering pula diikuti menurunnya tingkat tabungan dan atau investasi karena meningkatnya konsumsi masyarakat dan hanya sedikit untuk tabungan jangka panjang; menurut ilmu ekonomi modern, terdapat dua jenis inflasi yang berbeda satu sama lain, yaitu inflasi karena dorongan biaya (cost-push inflation) dan inflasi karena meningkatnya permintaan (demand-pull inflation); dalam hal inflasi karena dorongan biaya, kenaikan upah memaksa industri untuk menaikkan harga guna menutup biaya upah dalam kontrak yang baru yang mengakibatkan adanya pola siklus upah dan harga yang lebih tinggi yang disebut spiral harga upah (wage price spiral) dalam hal inflasi karena meningkatnya permintaan, permintaan yang tinggi atas kredit merangsang pertumbuhan produk nasional bruto yang selanjutnya menarik harga lebih lanjut ke atas; beberapa ahli ekonomi percaya bahwa inflasi karena meningkatnya permintaan dapat dikendalikan melalui kombinasi kebijakan Bank Sentral dan kebijakan Departemen Keuangan, misalnya kebijakan uang ketat oleh Bank Sentral dan pengendalian pengeluaran oleh Pemerintah; inflasi karena dorongan biaya diduga dapat lebih baik dikendalikan melalui pertambahan tingkat pertumbuhan perekonomian daripada melalui kebijakan moneter ataupun fiskal

Loading...
Lebih lanjut mengenai inflasi
Contoh kalimat untuk "inflasi"

Berbagai contoh kalimat untuk kata atau frase "inflasi" tersedia di halaman contoh kalimat. Silakan kunjungi halaman khusus contoh kalimat menggunakan kata inflasi untuk melihat berbagai penerapan riil di kehidupan nyata.

Lebih lanjut mengenai inflasi

inflasi terdiri dari 1 kata. Kata tersebut mempunyai 10 kata terkait yakni sebagai berikut:

inflasi die Inflation
DiƩ
diet die Diaet
ABRI (Angkatan Bersenjata Republik Indonesia) die indonesische Armee
ac die Klimaanlage
DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) die Volksvertretung
HAM (Hak Asasi Manusia) die Menschenrechte
Kadin (kamar dagang dan industri) die Industrie- und Handelskammer
Laut Jawa die Javasee
P3K (pertolongan pertama pada kecelakaan ) die Erste Hilfe
Simpan Informasi Agar Tidak Hilang

Jika informasi mengenai "inflasi" ini bermanfaat, sila bagikan ke teman atau simpan di akun media sosial memakai menu berikut.

Pertanyaan, Kritik, Koreksi dan Saran
Jika anda mempunyai pertanyaan, saran, kritik, atau laporan kesalahan penulisan, dll. Baik mengenai halaman ini, atau mengenai kamus ini, silakan memakai formulir di bawah.
Index Kamus Ekonomi
Tentang Kamus Ekonomi

Kamus Kamus Ekonomi ini merupakan online. Jika anda mencari terjemah atau arti kata menurut kamus Kamus Ekonomi, anda bisa mencari disini. Kamus bisa ditelaah menggunakan abjad atau formulir pencarian.